Search

Rabu, 14 Mei 2014

Masak Telor Pakai Radiasi Handphone

Sudah menjadi pengetahuan umum bahwa ponsel memiliki radiasi gelombang elektromagnetik yang dipancarkannya ketika sedang aktif. Tetapi apakah radiasi ini membahayakan bagi manusia, banyak yang ragu, menolak atau bahkan membenarkannya.

Berikut ini ada sebuah percobaan di Cina untuk mengetes radiasi ponsel. Saya tidak tahu apakah yang digunakan ponsel dengan teknologi GSM atau CDMA. Tapi mari kita simak percobaan berikut:

Percobaan menggunakan 2 ponsel dan 1 butir telur. Kedua ponsel di aktifkan dengan ponsel -1 melakukan panggilan ke ponsel-2 selama kurang lebih 65 menit. Telur diletakan di antara kedua ponsel dan berikut efek yang terjadi:

15 menit pertama tidak tampak perubahan pada telur
25 menit, telur menjadi hangat
45 menit, telur menjadi panas
65 menit , telur menjadi matang






Jika saja percobaan ini benar adanya, patut kita waspadai penggunaan ponsel yang berlebihan. Jika radiasi kedua ponsel bisa membuat protein di dalam telur menjadi matang, bagaimana jika kita menelpon mengunakan ponsel dengan posisi ponsel disamping telinga kita selama sejam penuh.? Figure it out by yourself..

Apalagi biaya telpon semakin murah. Sebaiknya menggunakan handsfree untuk pemakaian lama dan biasakan juga tidak meletakkan ponsel di kantong celana, saku, di pinggang. Kalau misalnya sedang bekerja, bisa di letakkan di atas meja. Jangan membiarkan nya menempel di pinggang, di kantong, dll.

Sedikit banyak nya mesti ada pengaruh radiasi ponsel terhadap lingkungan sekitarnya. Itulah sebabnya ponsel dilarang digunakan di stasiun pengisian bensin karena pada kandungan udara yang dipenuhi uap bensin, di khawatirkan akan ada percikan api disebabkan gelombang elektromagnetik ponsel yang walaupun tidak kelihatan tetapi mungkin bisa memicu kebakaran.

Juga di dalam pesawat udara, efek radiasi ponsel bisa mengakibatkan terganggunya sistem navigasi pesawat yang bisa mengakibatkan kecelakaan. Sebelum ponsel berdering menerima panggilan, jika ponsel berada di dekat tv/radio, biasanya tv/radio akan bereaksi terlebih dahulu dengan mengeluarkan noise.

KESIMPULAN
Untuk penggunaan ponsel yang cukup lama sebaiknya gunakan handsfree
Sebaiknya tidak meletakkan ponsel di saku/kantong celana/baju. Bisa di letakkan di dalam tas yang tidak menempel langsung ke tubuh. Bisa juga di letakkan di atas meja jika tidak sedang bepergian.
Pada saat tidur, tidak meletakkan ponsel dekat dengan tempat tidur.

Source:
 didapat dari email forward. Sumbernya saya tidak tahu pasti. Tapi menarik untuk di baca.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar