Search

Rabu, 11 Juni 2014

VO2max Untuk Mengukur Stamina

VO2max Untuk Mengukur Stamina

VO2 max adalah satuan untuk mengukur konsumsi oksigen maksimal, pengambilan oksigen maksimal, atau adalah tingkat maksimum konsumsi oksigen yang diukur selama latihan olahraga, biasanya pada latihan lari, treadmill atau bersepeda.

Konsumsi oksigen maksimal mencerminkan kebugaran fisik dari individu, dan merupakan faktor penentu penting dari stamina atau daya tahan mereka selama latihan atau olahraga.





Nama ini berasal dari V - volume, O2 - oksigen, max - maksimum.
VO2 max dinyatakan sebagai tingkat mutlak dalam liter oksigen per menit (L / min) atau sebagai tingkat relatif dalam mililiter oksigen per kilogram massa tubuh per menit (misalnya, mL / (kg · min).

Satuan ini sering digunakan untuk membandingkan kinerja atlet olahraga. Namun, VO2max umumnya tidak berubah secara linier dengan massa tubuh, baik antar individu dalam suatu spesies atau di antara spesies, sehingga perbandingan kapasitas kinerja individu atau spesies yang berbeda dalam ukuran tubuh harus dilakukan dengan prosedur statistik yang sesuai, seperti analisis kovarians.

BAGAIMANA MENGUKUR VO2max
Mengukur VO2 max
Akurat mengukur VO2 max melibatkan upaya fisik yang cukup dalam durasi dan intensitas tertentu. Dalam uji klinis dan atletis umum, ini biasanya melibatkan tes latihan bergradasi (baik di treadmill atau ergometer cycle) di mana latihan intensitas semakin meningkat saat mengukur ventilasi dan oksigen dan konsentrasi karbon dioksida dari udara yang dihirup dan dihembuskan. VO2 max tercapai ketika konsumsi oksigen tetap pada kondisi mapan meskipun peningkatan beban kerja.

1.Rumus Fick
VO2 max bisa di tentukan dengan menggunakan rumus Fick:

VO2max = Q x (CaO2 - CvO2)
nilai-nilai ini diperoleh selama latihan dengan pengeluaran tenaga pada upaya maksimal.

dimana,
Q adalah Cardiac Output dari jantung
CaO2 adalah kandungan arterial oxygen
CvO2 adalah kandungan venous oxygen

(CaO2 – CvO2) juga dikenal sebagai perbedaan arteriovenous oxygen difference

Pengukuran VO2max ini bisa biasa dilakukan menggunakan peralatan treadmill khusus.





ESTIMASI NILAI VO2max

Tes mengukur VO2 max kadang dapat berbahaya pada individu yang tidak dianggap subyek sehat normal, karena mempunyai masalah dengan sistem pernapasan, kardiovaskuler dan bisa memperperburuk pada pasien sakit klinis.
Dengan demikian, banyak protokol untuk memperkirakan VO2 max telah dikembangkan untuk mereka yang beresiko utk tes VO2 max tradisional. Ini umumnya mirip dengan tes VO2 max, namun tidak mencakup maksimum sistem pernapasan dan kardiovaskular.


Uth–Sørensen–Overgaard–Pedersen

Ini diciptakan oleh sekelompok peneliti Denmark. Salah satu estimasi VO2 max untuk manusia berdasarkan detak jantung maksimum dan saat istirahat.

Rumusnya:

VO2max = 15 (HR max / HR rest)

Persamaan ini menggunakan detak jantung maksimum (HRmax) dan detak jantung pada saat istirahat (HRrest) untuk memperkirakan nilai VO2 max dalam mL/(kg·min).


COOPER TEST
Kenneth H. Cooper memperkenalkan studi untuk Angkatan Udara Amerika (the United States Air Force) pada akhir tahun 1960an.
Salah satu hasilnya adalah Tes Cooper yang mengukur berapa jarak tempuh lari yang dicapai seseorang dalam 12 menit.
Dengan menghitung jarak tempuh, bisa diperkirakan nilai VO2max [in mL/(kg·min)] sbb:

VO2max = (d - 505)/45

dimana, d adalah jarak tempuh lari (meter) selama 12 menit.


MULTI-STAGE FITNESS TEST
Ada beberapa test lain yang dapat diandalkan dan kalkulator VO2 max untuk memperkirakan VO2 max, yang kebanyakan adalah tes kebugaran multi tahap(atau beep test), berdasarkan makalah Leger and Lambert, "A Maximal Multi-Stage 20-m Shuttle Run Test to predict VO2 Max".


LEVEL VO2max

Level VO2 max ini secara luas diakui sebagai ukuran tunggal terbaik untuk mengukur tingkat kebugaran kardiovaskular dan kekuatan aerobik maksimal. Nilai untuk pria iasanya 40-60% lebih tinggi pada wanita.

Rata-rata laki-laki sehat terlatih akan memiliki VO2 max sekitar 35-40 mL / (kg · min). Rata-rata perempuan sehat yang tidak terlatih akan mencetak VO2 max sekitar 27-31 mL / (kg · min .) Skor ini dapat ditingkatkan dengan latihan dan menurun sejalan usia.

Dalam olahraga di mana daya tahan stau stamina merupakan komponen penting dalam kinerja, seperti berlari, bersepeda, mendayung, ski lintas alam, berenang dan berjalan, atlet kelas dunia biasanya memiliki maxima VO2 tinggi.

Pelari elit laki-laki dapat mengkonsumsi sampai 85 mL / (kg · min), dan pelari elit perempuan bisa mengkonsumsi sekitar 77 mL / (kg · min).


DAFTAR NILAI VO2max Atlet

Lima kali juara Tour de France Miguel Indurain dilaporkan memiliki VO2 max 88,0 pada puncaknya, sementara cross-country ski Bjørn Dæhlie diukur pada 96 mL /kg/m.
Atlet sepeda Norwegia Oskar Svendsen diperkirakan telah mencatat VO2 max tertinggi 97,5 mL / (kg · menit), sebuah nilai "sensasional" yang diukur pada usianya yang masih muda (18 tahun pada waktu itu).

Untuk menempatkan ini dalam perspektif, kuda ras memiliki VO2 max sekitar 180 mL / (kg · min). Anjing Siberian yang berlari di Race Iditarod Trail Sled Dog memiliki nilai VO2 setinggi 240 mL / (kg · min).


Berikut ini daftar lengkap Vo2Max pemain Timnas U19, di ukur di akhir th 2013:
(BolaPop.com)

No Nama Vo2Max
1 Evan Dimas Darmono 59.44
2 M Hargianto 58.36
3 Zulfiandi 57.27
4 Mahdi Fahri Albaar 57.27
5 Febly Gushendra 56.18
6 M. Sahrul Kurniawan 56.18
7 Putu Gede Juni Antara 55.09
8 Miftahul Hamdi 55.09
9 Makarius F 54.55
10 Al Qomar Tehupelasury 54.55
11 Ilham Udin Amaiyn 54.55
12 Muchlis Hadi Ning Syaifulloh 54.55
13 Firmansyah Priyatna 54
14 Mulyana Sidik 54
15 M Fatchu Rochman 54
16 Dimas Sumantri 54
17 Yabes Roni Malaifani 54
18 M Dimas Drajad 54
19 Maldini 54
20 Irfandi Zein Alzubeidy 53.46
21 Bagas Adi Nugroho 53.46
22 Hendra Sandy Gunawan 53.46
23 Ryuji Utomo 53.46
24 Paulo Oktavianus Sitanggang 52.92
25 Dio Permana 52.92
26 Dinan Yahdian 52.92
27 Rudolof Yanto 52.37
28 Hansamu Yama Pranata 52.37
29 Ravi Murdianto 51.83
30 Rully Desrian 51.83
31 Dikri Yusron Afafa 51.83
32 Septian David Maulana 51.83
33 Angga Febriyanto Putra 50.74
34 M Junda Irawan 50.74
35 Vicky Melano 50.74
36 Untung Wibowo 50.74
37 Awan Setho Raharjo 50.2


VO2MAX pesepakbola elit di klub top dunia rata-rata mempunyai nilai VO2max diatas 70. Cristiano Ronaldo mempunyai Vo2Max 75, Neymar 73.


FAKTOR YANG MEMPENGARUHI NILAI VO2max

Faktor-faktor yang mempengaruhi VO2 diantaranya adalah
Sistem transportasi oksigen dari paru-paru ke mitokondria (termasuk difusi paru-paru, stroke volume, volume darah, dan densitas kapiler otot rangka)

Tim Noakes, seorang profesor latihan dan ilmu olahraga di University of Cape Town, menjelaskan sejumlah faktor yang dapat mempengaruhi VO2 max:
- usia
- jenis kelamin
- kebugaran
- pelatihan
- perubahan ketinggian
- tindakan dari otot-otot ventilasi.

Noakes juga menegaskan bahwa VO2 max adalah prediktor yg tidak terlalu lengkap untuk mengukur kinerja pelari karena adanya berbagai variasi dalam teknik lari yang ekonomis dan ketahanan akan lelah selama latihan berkepanjangan.

- Sistem output jantung
- kapasitas difusi paru
- kapasitas membawa oksigen
- keterbatasan organ lain seperti kapasitas difusi otot
- enzim mitokondria
- kepadatan kapiler

merupakan contoh penentu nilai VO2 max. Tubuh bekerja sebagai suatu sistem. Jika salah satu dari faktor tersebut adalah sub-par, maka seluruh sistem kehilangan kapasitas normal berfungsi dengan baik.

Obat erythropoietin obat (EPO) dapat meningkatkan VO2 max dengan jumlah yang signifikan pada manusia dan mamalia lainnya. Hal ini membuat EPO menarik bagi atlet olahraga ketahanan, seperti bersepeda profesional.
Pada tahun 1998 hal itu telah menyebar luas di dunia sepeda dan menyebabkan skandal Festina, yang mana disebutkan laporan USADA 2012 bahwa tim US Postal yaitu Greg LeMond (langganan juara Tour de France) telah menyarankan membangun batasan atau panduan untuk mendeteksi peningkatan kinerja abnormal pada atlet pesepeda profesional.


CARA SEDERHANA MENGUKUR VO2max kita

Di sebabkan untuk pengetesan yg lebih teliti harus menggunakan treadmill khusus yang bisa menghitung heart rate secara detil/otomatis. Berikut adalah cara yang simple dan murah dengan hasil yang mendekati.
Pergunakan rumus COPPER TEST

VO2max = (d - 505)/45

Lakukan lari di arena atletik yang terukur, misalnya track sepanjang 400m atau dg menggunakan GPS. Ukur berapa jarak yang bisa di tempuh dalam rentang waktu 12 menit.
Bisa juga dengan smartphone yang di install aplikasi untuk lari sepert: Nike Running atau Endomondo, dll. Menggunakan perangkat GPS khusus menghasilkan jarak yang lebih presisi di banding smartphone.

Misal:
Jarak yang ditempuh (12 menit) = 2000 m
Maka VO2max = (2000-505)/45 =33.2 ml/kg/min

Atau jika Anda mempunyai cukup uang, bila membeli jam tangan khusus pelari dg fitur GPS, sensor HRM (Heart Rate Monitor) dan fitur pengukuran VO2max otomatis (contoh : Garmin fenix2 atau Forerunner 620)


KESIMPULAN
Apa gunanya VO2max di ukur? Tujuannya untuk mengetahui tingkat kebugaran badan kita saat ini. Jika badan mulai terasa sering sakit-sakitan, tidak sehat. Ingin beralih ke gaya hidup sehat. Mulailah tingkatkan stamina badan dengan olahraga. Ukur Vo2max sebelum dan setelah menjalani olahraga rutin.

Jenis penyakit semakin bervariasi, konsumsi makanan olahan semakin tidak sehat. Maka gaya hidup sehat dengan olahraga, gizi seimbang, cukup istirahat dan kurangi stress pikiran adalah pilihan yang bijak.


Ref:
http://en.wikipedia.org/wiki/VO2_max
http://bolapop.com/201311805/daftar-vo2max-pemain-timnas-u19/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar